Senin, 20 Desember 2010

KINERJA PENDIDIK DALAM BIMBINGAN KONSELING

Assalamua’laikum Wr.Wb.

Selasa, 30 November 2010, setelah beberapa hari yang lalu mata kuliah ini sempat tertunda, alhamdulillah pada hari ini saya dan teman – teman dapat bertemu kembali untuk kuliah profesi pendidikan. Istilah bimbingan konseling sudah tidak asing lagi bagi kita karena di SMA, SMP, biasanya ada pelajaran tentang ini. Perlu kita tahu, bimbingan dan konseling merupakan pelayanan bantuan untuk peserta didik, baik secara perorangan maupun kelompok, agar mandiri dan berkembang secara optimal. Dalam bimbingan pribadi, bimbingan sosial, bimbingan belajar, dan bimbingan karir, melalui berbagai jenis layanan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku. Adapun Tujuan dari bimbingan dan konseling adalah merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupannya di masa yang akan datang, mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin, menyesuaikan diri dengan lingkungan masyarakat serta lingkungan kerjanya, mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, dan penyesuaian dengan lingkungan pendidikan masyarakat maupun lingkungan kerja
Selain itu, bimbingan dan konseling memiliki beberapa fungsi yaitu fungsi pemahaman, fungsi pencegahan, fungsi pengentasan, termasuk ke dalamnya fungsi advokasi, dan fungsi pemeliharaan dan pengembangan. Peran pendidik dalam bimbingan konseling sangat penting untuk para siswa. Tidak jarang pendidik dalam bimbingan konseling ini diserahi tugas mengusut perkelahian ataupun pencurian, bahkan diberi wewenang bagi siswa yang bersalah. Pendidik dalam bimbingan konseling sebagai kawan pengiring, penunjuk jalan, pemberi informasi, pemberi kekuatan, dan pembina perilaku-perilaku positif yang dikehendaki sehingga siapapun yang berhubungan dengan bimbingan konseling akan memperoleh suasana sejuk dan memberi harapan, oleh karena itu pendidik harus melakukan pendekatan interpersonal.
Pembahasan dari topik ini,memberi saya sebuah input bahwa bimbingan konseling itu merupakan suatu komponen yang tidak bisa kita lupakan. Peran bimbingan konseling semakin terasa terutama dalam lingkup sekolah misalnya. Bimbingan konseling selalu mengambil peran dalam setiap masalah – masalah yang menyangkut siswa, seperti perkelahian atau personal siswa tersebut.

Wassalamua’laikum Wr.Wb
-syukron-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar