Sabtu, 25 Desember 2010

Standar Proses Pendidikan dan Standar Penilaian Pendidikan


Assalamua’laikum Wr.Wb
Selasa, 14 Desember 2010. Tepat pukul setengah tiga siang kuliah profesi pendidikan dimulai. Pada hari ini saya dan teman – teman akan mengulas tentang standar proses pendidikan dan standar penilaian pendidikan. Untuk mencapai suatu tujuan itu memerlukan proses –proses yang panjang. Begitu pula dengan pendidikan yang terjadi di indonesia saat ini sedang mengalaminya. Berbagai masalah terus berdatangan, misalnya saja tentang kompetensi seorang pendidika dan infrastruktur dalam pendidikan. Seiring berjalan waktu mulai ada beberapa perbaikan, contohnya dengan adanya sertifikasi guru. Yang dimana bertujuan untuk Meningkatkan profesionalisme guru dan juga proses serta hasil pendidikan itu sendiri. Namun, masih banyak hal yang harus kita perbaiki bersama. Seluruh aspek harus bekerja sama dan mempunyai tekad yang kuat. Sebab, ini adalah masalah bangsa. Dalam pendidikan, kita juga pernah mendengar tentang standar penilaian pendidikan. Standar penilaian dalam pendidikan juga merupakan hal yang penting. Penilaian dalam pendidikan hendaknya dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada. Dari pembahasan pada hari ini menyadarkan saya dan teman – teman bahwa pendidikan adalah yang krusial. Yang didalam ada standar – standar yang harus dipenuhi untuk mewujudkan mutu dan hasil yang baik dalam sutau penyelenggaraan pendidikan.
Jarum jam di tanganku sudah menunjukkan pukul 4 lewat 45 yang artinya kuliah ini telah selesai. Dan semoga kuliah ini dapat memberikan kita suatu pencerahan untuk melangkah ke depan.
Wassalamua’laikum Wr.Wb.
“Ketika sudah jelas bahwa tujuan tidak tercapai, jangan tujuannya disesuaikan, tapi sesuaikan lagi langkah – langkah untuk mencapai”

1 komentar: